Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keluh Kesah Blogger Pemula di Tahun 2024 [Beserta Cara Mengatasinya]

Keluh Kesah Blogger Pemula di Tahun 2024 [Beserta Cara Mengatasinya]

Blogroni, Keluh kesah blogger pemula di tahun 2024 - Kebetulan saya sendiri baru membangun sebuah beberapa minggu yang lalu semenjak artikel ini dipublikasikan. Jadi sepertinya pasti sudah mendapatkan pengalaman ngeblog mengenai keluh kesah selama ngelola blog ini. Intinya pada konten artikel ini hanya berupa sharing kepada sobat blogger pemula lainnya.

Apa saja yang menjadi keluh kesah blogger pemula?

Di bawah ini saya ingin membagikan beberapa keluh kesah dari saya pribadi, baik yang sudah dialami maupun mungkin yang sebentar lagi akan di alami. Saya share ini supaya sobat dapat mengambil langkah tindakan yang bisa membuat sobat lebih berhasil dan berkembang dengan baik sebagai blogger pemula.

1. Tidak mengetahui cara menyelesaikan suatu masalah di blog

Kalau untuk hal ini sudah tidak diragukan lagi bahkan bukan hanya sendiri yang mengalaminya. Memang terkadang terdapat beberapa masalah yang dihadapi saat ngeblog, namun juga sering mendapatkan kegagalan dalam mengatasi masalah tersebut sehingga menjadi tidak terselesaikan.

Dengan tidak mengetahui bagaimana dalam menyelesaikan yang menjadi kendala blog, akhirnya terkadang membuat mereka menjadi sudah malas ngeblog lalu kemudian membiarkan blog yang sudah dikelola menjadi tenggelam begitu saja, tidak diurus lagi.

Cara mengatasi hal ini sebaiknya dengan melakukan ikut bergabung dengan grup-grup maupun komunitas yang dapat membimbing serta mengajari akan berbagai hal tentang dunia blogging.

2. Belum mendapatkan traffic blog

Untuk blog yang belum mempunyai traffic organik memang dapat menyebabkan kebosanan atau rasa malas yang datang tiba-tiba. Terlebih lagi untuk para blogger pemula yang baru memulai di tahun 2024 ini, pasti banyak sekali yang tidak melanjutkan kegiatan ngeblognya, karena memang kita ketahui bahwa saat ini juga terdapat banyak update tentang kebijakan konten blog.

Lalu bagaimana cara mengatasi untuk hal seperti ini?

Cara ini saya terapkan sendiri di blogroni, dengan mengetahui bahwa untuk mendapatkan lalu lintas kunjungan ke blog itu banyak cara nya, tidak hanya mengandalkan dari mesin pencari yang ada di internet, namun sobat bisa menerapkan melalui sosial media serta bisa juga melakukan direct traffic seperti blogwalking dan lainnya.

3. Tidak ada sponsor

Memang tidak ada salahnya ketika saya ataupun yang lainnya mengeluh akan tidak adanya sponsor di blog, yang mana pada intinya supaya bisa menghasilkan tambahan uang jajan dari blog.

Sebenarnya hal ini balik lagi dalam tujuan menulis blog saat pertama kali. Kalau mengelola blog hanya sekedar memiliki satu tujuan saja, maka saya sangat yakin proses dan progres pengembangan blog tidak akan bertahan lama. Karena apabila ketika tantangan tidak berhasil dilalui, maka automatis akan menyerah.

4. Peningkatan perkembangan blog yang lambat

Perkembangan blog juga sangat penting sekali untuk diperhatikan saat pengelolaan blog. Tidak ada yang menginginkan peningkatan di blog itu sendiri bergerak dengan lambat.

Maksudnya disini, kurangnya konsisten serta keseriusan saat ngeblog itulah yang menyebabkan peningkatan blog menjadi lambat sehingga tidak ada perkembangan yang terjadi.

Sangat diperlukan yang namanya trik atau strategi ampuh yang mampu meningkatkan blog yang dikelola. Namun perlu diingat, bahwa konsisten dan keseriusan dalam pengelolaan blog itu sangat lah penting dan tidak boleh dianggap remeh.

5. Sudah mempunyai rasa ingin menyerah

Hal seperti ini sudah banyak saya temukan di grup komunitas blogger pemula indonesia, terdapat beberapa para blogger yang ingin menyerah dengan berbagai alasan para blogger tersebut kenapa mereka menyerah.

Kalau saya pribadi untuk mengatasi rasa ingin menyerah ini, dengan cara menenangkan pikiran namun tidak secara berlarut-larut supaya bisa menimbulkan lagi rasa semangat untuk mengelola blog yang sudah dimiliki.

6. Mengelola blog dengan kurang konsisten

Apapun kegiatan atau pekerjaan yang dilakukan dengan kurangnya konsisten, tentu hasil yang didapat juga akan sesuai dengan proses yang dikerjakan.

Kalau untuk keluh kesah ini, memang terdapat banyak latar belakang yang melandasinya, contohnya dari kurangnya konsisten ini disebabkan oleh kurangnya dana untuk progres mengelola blog.

Cara mengatasinya yaitu dengan bersabar, lakukan progres mengelola blog secara bertahap. Sehingga apa yang sebelumnya ingin coba sobat lalui bisa terlaksanakan dan meraih hasilnya.

7. Selalu berimajinasi tetapi kurangnya tindakan

Nah apabila ini terjadi kepada sobat keluh kesah seperti ini saya yakin karna kurang fokus dan konsisten saja. Kita juga harus melakukan imajinasi dalam pengembangan blog, akan tetapi jangan hanya berimajinasi tanpa melakukan tindakan pasti.

8. Sulit mendapatkan bimbingan tentang blog yang "free"

Akibat dari kurangnya bimbingan yang mampu membantu meningkatkan dalam perkembangan blog, sangat berbahaya terhadap kualitas dan kuantitas blog yang dikelola. Memang sulit ketika kita ingin mendapatkan arahan serta ajaran dengan gratis tentang blog, karena memang ada yang menerapkan sistem berbayar.

Free ataupun berbayar tidak ada yang melarang seorang blogger untuk menerapkannya.

Keluh Kesah Blogger Pemula di Tahun 2024 [Beserta Cara Mengatasinya]

9. Munculnya teknik "blackhat" saat ngelola blog

Ketika ini sudah terpikirkan oleh sobat, mending buang jauh-jauh untuk ikut melakukan tindakan blackhat saat ngelola blog atau mengunakan backlink dari backdoor yang sebenarnya membuat kerugian pada blog sobat. Biasanya seperti ini dilakukan ketika ingin mendongkrak statistik blog.

Namun pastinya ada efek serta konsekuensinya, makanya saya sudah menyarankan untuk tidak dilakukan hal apapun itu ketika dilakukan dengan cara blackhat dalam pengelolaan blog.

10. Kurang percaya pada kualitas diri sendiri

Keluh kesah blogger yang dialami karena kurangnya percaya pada kualitas diri baik dalam bidang penulisan konten artikel, postingan artikel blog yang tidak muncul pada mesin penelusuran google. Memang sudah sewajarnya akan dialami para blogger pemula.

Cara mengatasinya yang paling tepat yaitu dengan membuat postingan artikel yang dipublikasikan berada di halaman pertama google. Maka dari itu buatlah hal itu menjadi tantangan baru untuk sobat, jangan hanya menjadikannya sebagai keluh kesah, akan tetapi jadikan motivasi dan semangat diri dalam melakukan peningkatan atau pengembangan blog. Selamat berjuang sobat.

Post a Comment for "Keluh Kesah Blogger Pemula di Tahun 2024 [Beserta Cara Mengatasinya]"