Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengalaman Belajar Menjadi Blogger Pemula di Tahun 2024

BlogRoni, 4 Maret - Saya pikir yang datang mengunjungi artikel ini bukanlah kali pertama terjun ke dalam urusan blogging, atau bisa jadi yang sedang merintis blog dengan berbagai tujuan. Salam kenal ya sobat.

Pengalaman belajar menjadi blogger pemula di tahun 2024

Mencoba memulai petualangan baru di era digitial ini menurutku suatu hal yang seru dan menyenangkan, meskipun hanya sedikit keberanian diri dalam memulai sebagai blogger pemula. Pada tanggal 1 lebih tepatnya di bulan maret tahun 2024 saya dengan penuh kepercayaan diri mulai membuat blog dengan nama "BlogRoni", walaupun yang pada awalnya dalam menentukan nama blog itu saja sudah memerlukan waktu yang tidak instant.

Selain itu, saya mendapatkan tantangan lainnya sebagai pemula yakni memilih template blog yang mana pada akhirnya menggunakan template saat ini. Banyak kendala yang tidak saya ketahui, terutama pada saat menambahkan elemen-elemen halaman blog serta mengubahnya agar lebih relevan dari sebelumnya.

Ketika semua selesai maka tantangan selanjutnya yang saya hadapi yaitu dalam membuat konten artikel yang harus dipublikasikan, ya dengan tujuan tiada lain agar blog yang saya kelola menjadi aktif.

Terkadang juga saya kebingungan ketika menentukan harus seperti apa menulis konten yang hasilnya nanti bisa memberikan kenikmatan dan kenyamanan sobat dalam mengikuti konten artikel yang saya buat dari awal hingga akhir. Akan tetapi kalau tidak ada perjuangan, maka semua menjadi pengalaman yang akan sia-sia. Dari sini saya memulai belajar untuk mengenal lebih baik lagi mengenai cara penulisan konten serta struktur konten artikel yang menarik.

Kategori konten blogroni yang saat ini sudah saya publikasikan masih seputaran tentang Blogging, Tech, Tutorial saja. Masih belum dapat menambahkan yang lainnya, karena harus konsisten dalam membuat konten sesuai dengan kategori yang sudah dimiliki.

Apabila konten artikel tersebut sudah terposting rasanya cukup lega, karena sepertinya tantangan sudah bisa terpecahkan, meskipun tantangan lainnya menanti yaitu apakah konten yang saya buat mendapatkan kunjungan traffic blog yang signifikan.

Kalau untuk tantangan yang seperti ini, saya belum memikirkan hal lebih lanjut dalam penyelesaiannya, karena untuk hasil total pengunjung itu urusan nanti menurut saya. Ya dikarenakan perjalanan dari petualangan menjadi seorang blogger pemula masih sangat panjang.

Harapan menjadi seorang blogger dan menggeluti dunia blogging

  1. Dapat menulis konten berkembang menjadi lebih baik lagi.
  2. Konsisten dalam menjalankan progress.
  3. Menciptakan sumber yang informatif melalui blog.
  4. Dapat menguasai suatu bidang dalam gempuran era digital saat ini.
  5. Terakhir, memiliki traffic blog dalam jumlah fantastik.

Di mohon untuk sobat tidak tertawa dengan beberapa harapan yang saya miliki. Tapi walaupun mau tertawa, tentu boleh silahkan saja, karena saya saja ketika menulisnya sambil ketawa.

Ada sedikit wejangan bagi kita yang sesama pemula dalam menggeluti dunia blogging, yaitu "selesaikan apa saja yang menjadi tantangan dan rintangan dalam proses usaha menjadi seorang blogger".

Berikut ini merupakan tips blogging untuk sesama pemula yang bisa saya bagikan meskipun hal ini mungkin tidak asing lagi atau bisa dikatakan sudah dijalani oleh sobat semuanya.

  • Tips pertama Buatlah nama blog yang dapat anda handalkan atau banggakan kepada orang lain.
  • Temukan template blog yang mudah untuk anda pahami.
  • Tentukan juga kategori utama pada blog yang sobat kelola, yang mana hal ini akan menjadi alasan utama isi dari blog tersebut.
  • Jangan pernah mencoba untuk merugikan orang lain terlebih lagi sesama blogger pemula.
  • Kemudian pelajari tentang traffic blog, lalu lintasnya, cara mendongkraknya dan lainnya. Karena saya sedang mengusahakan tantangan ini juga sehingga nantinya tantangan akan menjadi misi yang terselesaikan.

Sedikit informasi umum dalam mencari sumber belajar menjadi blogger pemula di tahun 2024 ini yang saya jalani, takutnya saya lupa memberitahukan kepada sobat. Saya mulai mempelajari dunia blogging melalui website di pencarian google dan juga beberapa komunitas aktif yang ada di sosial media.

Oh iya bagaimana dengan progress yang sudah sobat lakukan di blog? mari kita diskusi di kolom komentar ya.

8 comments for "Pengalaman Belajar Menjadi Blogger Pemula di Tahun 2024"

  1. mantap, semangat terus intinya konsisten aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas benar sekali. Harus bisa lebih konsisten dalam ngelola blog dan lebih semangat lagi juga dalam upaya peningkatan dalam perkembangan blogging..

      Delete
  2. istiqomah dan berdoa kunci yang aman untuk menjadi blogger hehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju bang ibnu .. Jangan lupa semangat dan tetap berjuang selalu konsisten dalam belajar menjadi seorang blogger ya..

      Delete
  3. wah sangat menarik sekali berkecimpung didunia blogger saya jadi tertarik untuk lebih konsisten lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap semangat dan terus konsisten kak.. Saya sebagai blogger pemula yang dimulai di tahun 2024 juga harus bisa lebih semangat dan konsisten dalam belajar mengelola blog..

      Delete