Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Strategi Ampuh untuk Blogger Pemula 2024

BlogRoni - Pernahkah sobat bermimpi menjadi blogger sukses? dengan mempunyai sebuah blog yang dikelola tersebut menjadi ramai pengunjungnya alias aktif dan tentu dengan menghasilkan banyak uang?

8 Strategi Ampuh untuk Blogger Pemula 2024

Mempunyai blog merupakan langkah awal yang tepat ketika sobat penuh semangat ketika akan menuangkan ide, gagasan, ataupun untuk membangun komunitas online. Akan tetapi perjalanan menjadi blogger sukses tersebut tidaklah mudah dan instan. Akan terdapat banyak kesalahan yang akan kita lakukan sebagai blogger pemula, yang mana ini dapat menghambat kemajuan blog pastinya.

Oh iya sobat disini saya telah menyiapkan strategi ampuh supaya dapat meningkatkan blog bersama-sama, dengan tujuan nantinya bisa mendapatkan banyak pengunjung dan supaya juga dapat mencegah kesalahan umum dengan tanpa disadari saat proses ngeblog.

Sebenarnya BlogRoni merupakan blogger baru didirikan bulan maret tahun 2024, yang saat ini juga sedang mengembangkan peningkatan blog dengan berbagai progress, ya agar mendapatkan banyak pengunjung di blog. Makanya saya ingin berbagi kepada sobat mengenai strategi terbaik dan ampuh sebagai sesama blogger pemula, guna dalam membangun blog yang berkualitas serta bisa sukses ngelola blog di tahun ini.

Strategi Tips Trik Ampuh untuk Blogger Pemula 2024

Baiklah langsung saja kita masuk ke dalam inti artikel ya sobat, supaya tidak menghambat waktu dalam progres belajar ngelola blog meskipun sudah telat dan pastinya menyebabkan banyak saingan sesama blogger pemula. Namun cobalah menerapkan dari 8 strategi ampuh dibawah ini.

1. Menciptakan Fondasi Blog yang Kuat

Kita harus dapat mempersiapkan beberapa strategi dalam membangun suatu fondasi yang dapat membantu blog berkembang dengan pesat. Karena dengan memiliki fondasi blog yang kuat, merupakan strategi awal bagi seorang blogger pemula.

Hal dasar yang harus sobat perhatikan, agar cepat mendapatkan peningkatan sangat signifikan saat proses blogging yaitu diantara lain:

  • Tentukan Niche Pilihan.
  • Memahami Platform Blogger.
  • Mengoptimasi SEO.
  • Mempublikasikan Konten Berkualitas.
  • Mempromosikan Blog.

Kebanyakan yang saya temukan di penelusuran google ketika mencari informasi tentang blogger pemula, masih banyak terdapat yang memiliki fondasi yang tidak stabil. Dengan hal seperti ini tentunya sobat dapat ikut partisipasi dalam bersaing untuk menempatkan posisi blog di halaman pencarian nantinya.

2. Meningkatkan Keahlian dan Pengetahuan Blogging

Pada tahap strategi ini, jujur saya masih sedikit memiliki rasa bermalas-malasan untuk terus meningkatkan keahlian saat mengelola blog, dan juga menambah pengetahuan dengan berbagai macam informasi seputar blogger.

Tetapi sobat dapat menghindari seperti saya dengan cara menjalankan aktifitas atau kegiatan yang bermanfaat, memberikan keuntungan di blog. Contohnya berikut ini:

  • Mengikuti diskusi seputar blogger secara gratis maupun berbayar.
  • Banyak membaca artikel tentang blogging di website lainnya.
  • Ikut bergabung dan terjun ke dalam komunitas blogger.
  • Lalu mencoba untuk menerapkan setiap perubahan perkembangan dalam dunia blogger.

Saya yakin banyak dari para blogger yang sukses menerapkan hal yang seperti ini. Mungkin saja beberapa yang tidak, hal ini bisa disebabkan karena kurang nya informasi saja.

3. Meningkatkan Reputasi dan Audiens

Yap ini bukan pansos ya sobat. Memang kita harus dapat meningkatkan reputasi blog yang dikelola supaya mendapatkan loyalitas dari pengunjung, dimana mereka akan terus mengunjungi blog kita guna mencari informasi-informasi yang dibutuhkan.

8 Strategi Ampuh untuk Blogger Pemula 2024

Bisa dikatakan agar hubungan penulis dan pembaca dikatakan akur, tenang saja hal ini bersifat positif yang mana bisa menyebabkan keaktifan di dalam blog. Sobat harus menerapkan beberapa langkah yang wajib dilakukan, antara lain:

  • Lakukan interaksi dengan pengunjung blog.
  • Bangun reputasi sobat di media sosial.
  • Menjalin kerjasama dengan para blogger lainnya.

Hampir lupa bahwa, tentunya pembaca artikel bukan semata orang awam namun bisa juga sesama blogger, maka dari itu kita juga harus dapat menjalin komunikasi yang baik terhadap sesama blogger. Agar dapat terjalin kerjasama yang saling menguntungkan.

4. Lakukan Analisis dan Tingkatkan Performa Blog

Perlu ditekankan bahwa meskipun telah lama terjun ke perdunia blogging kalau kita tidak menganalisis atas performa blog secara rutin, saya jamin akan menurunkan performa blog sobat kedepannya. Hal seperti inilah yang harus kita cegah karena akan menjadi kesalahan fatal terlebih lagi kita merupakan seorang blogger pemula tahun 2024 ini, yang mana perkembangan blogger sudah semakin jauh berkembang.

Tentunya sobat tidak menginginkan bahwa blog sobat tidak terjangkau ke dalam mesin pencarian bukan, lalu kemudian terbengkalai dan selanjutnya sudah pasti anda akan kalah dalam tantangan kali ini. Jika tidak mau mengalami hal seperti itu, lalu coba lah lakukan analisis perlahan dengan berbagai cara seperti:

  • Menggunakan Google Analytics. Lakukan penganalisisan terhadap performa blog sobat secara terus menerus melalui penyedia layanan performances seperti google analytics, google search console dan masih banyak lainnya.
  • Melakukan Eksperimen. Agar blog tidak tenggelam ke halaman yang jauh, silahkan lakukan eksperimen terhadapat postingan artikel blog sobat. Dari mulai memperbaikin judul, penggunaan gaya bahasa, strukrut kata dan serta kelengkapan artikel yang tepat.
  • Lalu Terus Belajar dan Berkembang. Enjoy ya sob, jangan bermalas-malasan, karena banyak media tempat kita berkembang untuk belajar mengelola blog hingga sampai sukses.

Secara umum melakukan penerapan analisis akan memberikan dampak yang baik dan bagus pada suatu blog.

5. Diversifikasi Konten

Strategi selanjutnya akan menganjurkan untuk kita selalu membuat postingan artikel dalam berbagai format, seperti pada gambar dan video supaya bisa mendongkrak statistik di dalam blog. Dan jangan lupa untuk menambahkan karakter kuat dengan strorytelling agar artikel yang dipublikasikan menjadi lebih menarik dan banyak peminatnya.

Tujuan dari diversifikasi pada artikel ini berfungsi sebagai solusi dalam percobaan mencegah terjadinya penurunan kualitas blog sobat, dengan menerapkan strategi berbagai macam jenis bentuk artikel yang akan dimuat ke dalam blog tersebut.

6. Memiliki Backlink Berkualitas

Selanjutnya yaitu sobat harus membangun yang namanya backlink. Ini harus dicoba, temukan dan ciptakan backlink yang berkualitas. Jika sobat blogger pemula belum mengetahui apa fungsinya dari backlink, silahkan mencari informasi terkait nantinya di BlogRoni.

Nah jika ingin membangun banyak backlink yang tertuju ke blog sobat. Perhatikan untuk selalu ingat dalam mencari DA PA website yang tinggi saat akan memposisikan backlink tersebut. Ada beberapa cara agar sobat dapat mencoba membangun backlink, antara lain:

  • Buat backlink dari website lain yang relevan dan berkualitas tinggi.
  • Menerapkan sistem guest blogging untuk mendapatkan backlink.
  • Lalu gunakan sosial media sobat guna mempromosikan blog kemudian mendapatkan backlink yang permanent.

Untuk sekarang saya masih menggunakan sosial media dalam menjalankan proses penanaman backlink. Saya tidak memaksa sobat untuk mengikuti, silahkan tentukan langkah yang pengen sobat tekuni.

7. Meningkatkan Kecepatan Blog

Guna dapat memberikan proses pengaksesan ke halaman blog agar lebih cepat, pastinya dapat membantu para pengunjung (audiens) membaca informasi yang ada dipostingan artikel sobat. Tetapi menurut saya pribadi strategi seperti ini, masih belum cocok untuk kita yang masih baru ngelola blog.

Namun bukan berarti kita mengabaikan kecepatan di blog ya sobat. Hindari hal-hal yang menyebabkan penurunan proses akses ke dalam halaman blog sobat.

Kalau untuk planning saya, setelah menjalani selama 6 bulan ngeblog atau mungkin di akhir tahun 2024 nantinya baru mulai mengoptimasi kecepatan blog menggunakan jasa optimasi yang ada tersedia.

8. Memonetisasi Blog

Selain terus mengembangkan kualitas blog sobat. Ada baiknya juga memonetiasi blog supaya memberikan penghasilan kepada sobat, tentunya dengan begitu bisa membuat lebih berkembang lagi dengan meningkatkan proses dan progres saat mengelola blog.

8 Strategi Ampuh untuk Blogger Pemula 2024

Ada beberapa cara yang saya ketahui dalam memanfaatkan blog sebagai tambahan penghasilan, nanti hal seperti ini akan saya terapkan juga, karena untuk saat ini masih belum bisa. Langsung saja simak ya sobat:

  • Mendaftar Google AdSense untuk menampilkan iklan di blog sobat blogger pemula.
  • Menggunakan blog sebagai media affiliate marketing dalam mempromosikan produk orang lain lalu mendapatkan komisi
  • Sobat juga dapat memberikan service layanan jasa yang dimiliki atau bisa juga produk sendiri.

Namun jangan pernah tergoda untuk melakukan tindakan yang tidak baik agar bisa menghasilkan uang dari blog dengan melakukan atau mengikuti aktifitas yang merugikan diri sendiri dan orang lain.

Memang dalam proses membangun suatu blog saya rasa harus menempuh dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar, lalu berdedikasi dan dibutuhkan kerja keras. Perlu sobat ingat untuk tetaplah selalu konsisten, terus belajar, dan jangan sungkan beradaptasi dengan teknologi terbaru untuk membantu mencapai kesuksesan sebagai seorang blogger.

Dengan menerapkan 8 strategi ampuh di atas, saya berharap blogger pemula yang lainnya juga dapat meningkatkan blog mereka, mendapatkan banyak pengunjung serta bisa mengantisipasi dalam mencegah terjadinya kesalahan yang merugikan blog diwaktu kedepannya.

Semoga bermanfaat dan mari kita berdiskusi di kolom komentar ya sobat BlogRoni.

Post a Comment for "8 Strategi Ampuh untuk Blogger Pemula 2024"